Pengertian Sudut Pandang dan Jenisnya

Pengertian Sudut Pandang dan Jenisnya - Halo teman-teman diedukasi, disaat sedang liburan ini saya menyempatkan diri untuk menulis artikel penjelasan tentang sudut pandang dalam cerita. Ingat belajar itu tidak kenal waktu dan tempat, jadi dimana pun kita berada harus tetap belajar ya.

Sudut pandang merupakan bagian unsur instrinsik yang ada dalam sebuah cerita,baik itu cerita fiksi atau non fiksi, jadi untuk kamu yang ingin menjadi penulis cerpen harus memahami betul maksud dari Apa Itu Sudut Pandang? oke, kita akan mulai pembahasannya,

Pengertian Sudut Pandang dan Jenisnya

Pengertian Sudut Pandang Jenis dan Contoh

Pengertian Sudut Pandang

  • Sudut Pandang adalah gambaran posisi pengarang cerita didalam cerita.
  • Sudut Pandang adalah Dimana pengarang menempatkan dirinya didalam cerita.
  • Sudut pandang adalah peran pengarang dalam sebuah cerita.
Nah dari ketiga pengertian itu bisa disimpulkan bahwa Sudut Pandang merupakan istilah untuk menjelaskan tentang pengarang atau penulis cerita tersebut didalam cerita.

Sudut pandang juga memiliki nama lain Point Of View

Baca juga materi Pengertian Cerpen Bahasa Indonesia

Jenis-jenis Sudut Pandang

Setelah kita memahami tentang sudut pandang, jenis-jenis susdut pandang juga harus dan wajib kita ketahui. Berikut penjelasannya.
  1. Sudut Pandang Orang Pertama
    Sudut Pandang Orang Pertama adalah cara pengarang mengambarkan dirinya bahwa ia yang terlibat langsung. Contoh kata ganti yang digunakan adalah Aku, Saya, Diriku dan Sebagainya.
  2. Sudut Pandang Orang Ketiga
    Sudut Pandang Orang Ketiga adalah cara pengarang mengambarkkan dirinya bahwa ia tidak terlibat dalam cerita, melainkan ia menceritakan orang lain. Contoh kata ganti yang digunakan adalah Dia, Nama Orang, Dirinya, dan Sebagainya.
  3. Sudut Pandang Campuran
    Sudut Pandang Campuran adalah gabungan dari sudut pandang pertama dan ketiga, yang artinya dalam cerita tersebut pengarang menjadi orang yang serba tahu.
Beberapa Sudut pandang juga bisa terbagi lagi menjadi Tunggal dan Jamak, yang artinya
  • Tunggal artinya satu, contoh menggunakan kata ganti aku, saya,diriku.
  • Jamak arrtinya lebih dari satu, contoh menggunakan kata ganti Kami, Mereka, dan sebagainya.
Teman-teman tinggal menyesuaikan saja, jangan bingung ya..

Contoh-contoh Penerapan Sudut Pandang

Sudut Pandang Orang Pertama
"Hari ini aku sangat lelah. karena sudah seharian berjualan tapi dagangan tida terjual juga, padahal aku sudah mencoba semaksimal mungkini untuk berjualan...."

Sudut Pandang Orang Ketiga
"Ali kemarin tidak masuk sekolah karena sakit, dan ia hari ini sudah masuk sekolah, semua teman-temannya sangat senang ia kembali sekolah..."

Sudut Pandang Campuran
"Aku tinggal bersama ibuku di kota Batam, Ibuku meruakan orang yang sangat kuat dan tangguh dalam menafkahi keluarga, aku sangaat bangga...."

Nah itulah pembahasan kita kali ini yang meliputi pengertian sudut pandang, jenis, dan contoh penerapan dalam cerita. Semoga teman-teman bisa memahaminya, kalau ada pertanyaan atau tambahan silakan komentar ya.. Ditunggu diskusinya..

Pengertian Sudut Pandang dan Jenisnya Diposkan Oleh: